Ujian Sertifikasi Penyuluh KB Kabupaten Batang






Kamis, 20 Juli 2017
Pelaksanaan Ujian Sertifikasi bagi penyuluh KB di Kabupaten Batang memasuki hari terakhir dari serangkaian ujian sertifikasi yang dimulai pada hari selasa, tanggal 18 Juli 2017 bertempat di Aula Bupati Batang. Peserta ujian adalah Penyuluh KB yang sudah terinput dalam database BKKBN, yaitu berjumlah 87 orang. 

Ujian sertifikasi ini merupakan upaya pengembangan profesi penyuluh KB,  seperti amanat UU No. 5 Tahun 2014 bahwa Aparatur Sipil Negara yang selanjutnya disingkat ASN adalah profesi bagi pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang bekerja pada instansi pemerintah.
 
Kompetensi penyuluh KB harus memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap/perilaku/kualitas pribadi yang diperlukan oleh setiap pegawai agar dapat menyelesaikan pekerjaan secara optimal

Ada 34 kompetensi dasar yang dimiliki oleh Penyuluh KB, yaitu 19 Kompetensi Teknis, 13 Kompetensi Manajerial, dan 2 Kompetensi Sosiokultural

Adapun dasar hukum pelaksanaan ujian sertfikasi ini adalah UU No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara; Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 2017 tentang Manajeman Pegawai Negeri Sipil; Peraturan Kepala BKKBN No. 2 Tahun 2017 tentang Standar Kompetensi PKB; Peraturan Kepala BKKBN No. 5 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Sertifikasi Penyuluh KKBPK.

Proses penilaian dan penetapan atas jenis dan tingkat kompetensi yang dikuasai oleh Penyuluh KKBPK berdasarkan hasil uji kompetensi dengan mengacu kepada standar kompetensi kerja yang ditetapkan.
Tujuan ujian kompetensi untuk : Memastikan bahwa pelaksaaan tugas penyuluhan dan penggerakan program KKBPK dilaksanakan oleh SDM yang profesional; Memastikan mutu, integritas, profesionalitas,efektif dan efesien serta akuntabilitas para pihak dalam pelaksanaan sertifikassi keahlian bagi Penyuluh KKBPK; serta memberikan keseragaman dan kepastian dalam penyelenggaraan Sertifikasi Kompetensi Penyuluh KKBPK.

“Terima kasih yang sedalam-dalamnya bagi semua pihak yang telah membantu jalannya proses ujian sertifikasi Penyuluh KB, terutama untuk Dinas Kominfo yang telah menyediakan jaringan internet yang sangat cepat, Bagian Umum yang telah menyediakan fasiltas, teman-teman Pengurus IpekB Cabang Batang yang selalu responsif dan solutif selama proses ini” Kata Sekdin DP3AP2KB Kabupaten Batang Tuti Yuliana.

Komentar

  1. Spades Royale - The most detailed online game rules
    You could 에스엠카지노 play together as Spades or Spades players in a single game, but the game can also be played as 파라오카지노 solo or in multiplayer. Some players prefer the

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mars IpeKB Indonesia

PENINGKATAN KETAHANAN KELUARGA MELALUI BINA KELUARGA REMAJA